Tips Menulis Teks Berita yang Menarik Sesuai Ketentuan
0 Comments

Rasanya kurang lengkap jika sehari saja tidak membaca teks berita. Membaca atau melihat berita di koran maupun televisi bisa menambah pengetahuan kita tentang keadaan dunia saat ini. Kemudahan akses informasi dan komunikasi menyebabkan setiap orang bisa mengakses portal berita dari manapun. Sehingga kamu bisa mengetahui berita terkini dari negara manapun tanpa adanya batasan.

Kemudahan ini tentu memiliki dampak positif karena pengetahuan menjadi bertambah. Namun tidak memungkiri adanya dampak negatif jika kita tidak bisa menyaring pembuatan artikel bahasa indonesia serta informasi atau berita yang kita peroleh. Mudahnya sebuah berita atau isu menyebar menyebabkan semakin berkembangnya berita-berita hoax. Berita hoax adalah berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sehingga bisa menyebabkan salah persepsi di masayarakat.

Informasi Penting dalam Teks berita

Saat menulis teks berita, kamu harus memastikan berita tersebut kredibel atau dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga dalam mencari berita, kamu harus menggali informasi sedalam-dalamnya. Jika perlu melakukan wawancara terhadap pihak-pihak terkait sebelum menuliskan teks berita. Selain itu, berita yang ditulis juga harus memuat beberapa informasi penting yang wajib.

Teks berita harus memuat unsur 5W + 1 H yaitu What, When, Where, Why, Who and How. Berita memuat informasi peristiwa apa yang sedang terjadi, kapan dan dimana kejadian berlangsung, penyebab kejadian tersebut dan siapa saja orang yang terlibat. Serta how atau bagaimana proses kejadian tersebut.

Tips Menulis Teks berita yang Baik dan Benar

Selain memenuhi unsur 5W+1H, sebuah teks berita juga harus memenuhi beberapa syarat untuk menjadi berita yang baik. Sebuah berita biasanya tersusun dari tiga bagian yaitu kepala berita, tubuh berita dan ekor berita. Kepala berita berisi judul, informasi media pemuat berita serta informasi penting yang menggambarkan isi berita. Bagian tubuh berita berisi uraian penjelas dimana terdapat unsur 5W+1H. Sedangkan di bagian ekor berita berisi informasi tambahan.

Jika kamu adalah pemula dalam menulis berita, kamu bisa menggunakan beberapa tips menulis berita berikut ini:

  1. Peristiwa atau kejadian terkini

Orang-orang akan lebih tertarik dengan berita hangat yang baru saja terjadi. Untuk mulai menulis berita, kamu bisa mencari isu yang sedang ramai diperbincangkan.

  1. Wawancara atau observasi

Pastikan bahwa berita yang kamu tulis dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Jika perlu lakukan beberapa wawancara dengan pihak-pihak terkait dan melakukan observasi sebelum menulis.

  1. Tidak bersifat provokasi

Sebagai penulis berita, kamu perlu bersikap netral. Tidak memihak atau memojokkan salah satu pihak. Isi berita tidak mengandung unsur SARA dan menghormati nilai atau norma di masyarakat.

  1. Membuat kerangka berita

Mulailah tulisan berita dengan membuat kerangka setelah mencatat informasi penting 5W+1H.

  1. Penyuntingan

Langkah terakhir adalah membaca ulang teks berita dan lakukan penyuntingan.

Untuk membuat teks berita yang baik dan benar tidak dapat dilakukan secara instan. Kamu perlu terus berlatih dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan.