Struktur Website yang Baik yang Disukai Google
0 Comments

Tidak sedikit orang yang membuat website sesuai dengan keinginannya. Namun, tidak semua mampu membuat struktur website yang baik yang bisa disukai oleh Google.

Pada dasarnya, struktur website yang baik adalah yang memberikan kenyamanan kepada visitornya. Sayangnya, rasa nyaman untuk visitor tidak cukup untuk menarik Google agar ‘menyukai’ website Anda.

Butuh kriteria struktur website yang tepat seperti berikut ini agar disukai Google.

  • User Experience

Ketika membuat suatu website, pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama. Kenapa? Karena UX ini akan berpengaruh pada kenyamanan visitor.

Beberapa pertimbangan terkait dengan UX, yaitu:

  1. Tautan apa yang diklik.
  2. Halaman website yang dikunjungi.
  3. Lama waktu kunjungan.
  4. Konten apa yang menarik.

Agar hasilnya maksimal, tentu Anda harus tahu lebih dahulu pangsa pasar Anda. Misalnya apakah anak muda, ibu-ibu, bapak-bapak atau universal.

Dari hasil UX tersebut, Anda bisa menentukan bagaimana tampilan dari websitenya, termasuk penempatan navigasi. Semakin baik UX-nya maka akan membuat visitor semakin nyaman berkunjung di website Anda. Alhasil, Google akan semakin senang dan kualitas website Anda menjadi membaik.

  • Layout User Friendly

Dari data UX yang sudah Anda dapatkan, Anda bisa mulai untuk mendesain website. Di bagian ini, Anda harus menempatkan tata letak website yang memudahkan user.

Struktur Website yang Baik yang Disukai Google
Struktur Website yang Baik yang Disukai Google

Berarti bisa diletakkan dimana saja? Tidak juga. Ini karena Anda harus tahu urutan informasi apa yang akan disampaikan ke visitor.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan visitor yang baru pertama kali berkunjung ke website Anda. Pastikan jika navigasi mudah ditemukan dan digunakan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah berselancar di website Anda.

  • Tags

Untuk menarik Google agar mau berkunjung ke website Anda, tentunya Anda harus menggunakan tags. Jika tag tersebut berhasil menarik Google, maka pengunjung akan mendapatkan informasi sesuai dengan keyword yang dimasukkan.

Lalu, tag apa yang perlu digunakan? Ada 3 urutan tag yang perlu Anda perhatikan, yaitu title tag, H tag dan alt image tag. Jika Anda bisa maksimalkan 3 tag tersebut, maka Google bisa tertarik dan mengindeks website Anda.

  •  Keyword

Tentu, pembuatan website tidak bisa lepas dari keyword. Keyword inilah yang akan digunakan untuk memancing google.

Penggunaan keyword tentu tidak bisa sembarangan. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Setelah itu, Anda harus melihat penempatannya. Keyword sebaiknya ditempatkan di paragraf utama, sub judul dan paragraf terakhir.

Dalam penggunaannya, Anda tidak bisa menempatkan keyword terlalu banyak. jika terlalu banyak maka akan dianggap sebagai keyword stuffing. Alhasil, kualitas website bisa menurun.

  • Konten Berkualitas

Agar pengunjung betah, maka Anda harus membuat konten yang berkualitas. Berkualitas seperti apa? Berkualitas informasi yang disampaikan, komprehensif dan tidak sekedar copy paste.

  • Link

Link yang digunakan tidak hanya di dalam website tapi juga link di luar website. Dengan eksternal link, Google dan visitor lain bisa datang ke website Anda. Dengan internal link, pengunjung lebih betah untuk membaca dan menghabiskan waktu di website Anda.

Jadi struktur website yang baik tidak hanya sekedar UX, tapi juga harus mempertimbangkan:

  1. Tata letak atau layout.
  2. Tag.
  3. Keyword.
  4. Konten berkualitas.
  5. Link.