Cara membuat desain website dengan notepad
0 Comments

Apakah ada cara membuat desain website dengan Notepad yang cocok untuk pemula? Ini adalah pertanyaan yang sangat sering ditemukan di berbagai grup dan forum pemrograman. Ada beberapa alasan yang membuat banyak orang ingin belajar pemrograman web menggunakan Notepad. Alasan yang paling sederhana adalah efisiensi karena Notepad sudah termasuk dalam paket instalasi Windows, sehingga pengguna tidak perlu melakukan instalasi secara manual.

Alasan lainnya adalah karena terbatasnya sumber daya perangkat. Tidak semua orang mempunyai perangkat yang mumpuni untuk pengembangan desain website profesional. Padahal software desain web biasanya membutuhkan kapasitas penyimpanan dan memori yang cukup tinggi. Karena itulah Notepad menjadi solusi untuk belajar pemrograman web tingkat dasar. Langkah-langkahnya bisa Anda praktikkan sambil membaca uraian di bawah ini.

 

Cara Membuat Desain Website dengan Notepad

 

  • Memahami Cara Kerja Notepad

Notepad adalah aplikasi sederhana yang digunakan untuk membuat dan mengubah file teks. Cara membuat desain website dengan Notepad pun sangat sederhana karena fitur-fiturnya juga sangat mudah untuk dipahami. Di bagian atas, ada menu File yang berisi beberapa submenu. Anda bisa mencoba masing-masing submenu untuk mengetahui kegunaan dan cara kerjanya.

Salah satu fitur penting yang harus Anda pertimbangkan adalah Word Wrap. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan teks ke dalam satu layar. Jadi, kalau panjang teks Anda melebihi ukuran lebar layar, teks akan otomatis dipotong dan ditampilkan di bawahnya. Fitur ini akan sangat Anda butuhkan, terutama untuk pemrograman yang kompleks dengan script yang panjangnya bisa ditampilkan dalam beberapa baris.

 

  • Tulis Kode Program

Sekarang, cobalah menulis kode HTML sederhana. Cara membuat desain website dengan Notepad dimulai dari tahap paling dasar. Setidaknya, buatlah script yang terdiri dari 3 bagian utama sebuah website : header, isi, dan footer. Atur judul website, kalimat header berukuran besar, isi konten yang terdiri dari setidaknya satu paragraf, dan footer yang memuat informasi singkat.

Notepad tidak menyediakan fitur highlighting atau code completion, jadi Anda harus ekstra teliti dalam menulis kode program di Notepad. Manfaatkan kekurangan ini untuk meningkatkan ketelitian dan pemahaman Anda dalam menulis syntax program dengan sempurna.

 

  • Simpan dan Jalankan File

Setelah selesai menulis kode program, simpan file tersebut dengan submenu Save atau Save As yang terdapat di menu file. Pilih lokasi folder yang Anda inginkan, kemudian beri nama sesuai keinginan Anda. Ingat, kode program yang barur saja Anda tulis harus disimpan dalam format .html agar dapat dijalankan di web browser.

Kemudian, jalankan file tersebut dengan double click. Cara lain adalah dengan klik kanan – open with – pilih browser yang ingin Anda gunakan. Jika kode Anda sudah benar, web browser akan menampilkan website sederhana yang baru saja Anda buat.

 

Cara Membuat Desain Website dengan Notepad untuk Latihan Dasar

Notepad paling cocok digunakan untuk mempraktikkan dasar-dasar pemrograman web. Untuk level yang lebih tinggi, Anda mungkin membutuhkan teks editor khusus pemrograman yang menyediakan lebih banyak fungsi dan fitur. Setidaknya, cara membuat desain website dengan Notepad yang baru saja Anda baca akan berguna dalam pembelajaran tahap awal.