ilustrator vs graphic designer
0 Comments

Ada banyak hal di dunia ini yang memiliki persamaan. Misalnya apakah press release bisa dijadikan personal branding atau apakah illustrator sama dengan desainer grafis. Untuk press release, hal tersebut bisa dijadikan untuk personal branding tergantung dari isi berita tersebut. Namun, illustrator berbeda dengan desainer grafis walaupun keduanya sama-sama membuat grafis/gambar.

Apa bedanya dan persamaannya? Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Ilustrator vs Desainer Grafis

  • Fokus

Untuk ilustrator, gambar menjadi fondasi yang harus sangat diperhatikan saat membuat sebuah karya. Hal ini disebabkan karena gambar tersebut akan menjadi fokus untuk meyampaikan suatu hal. Misalnya untuk menyampaikan isi dari buku yang akan diterbitkan. Mudahnya, illustrator memiliki fokus gambar dari hasil kreasi visual agar pesan dari gambar tersebut dapat diterima oleh orang yang melihat.

contoh ilustrasi lucu
contoh ilustrasi lucu

Sedangkan desainer grafis lebih ke merancang atau membuat komposisi layout sehingga elemen grafis terlihat menarik. Elemen tersebut diantaranya adalah gambar, tulisan atau font, label, border, color correction. Dengan mempertimbangkan elemen tersebut, gambar atau layout akan lebih terorganisir sehingga membentuk suatu visual yang menarik.

Mudahnya, illustrator memiliki fokus pada gambar, sedangkan desainer grafis lebih fokus pada elemen grafis. Walaupun illustrator terkadang juga memadukan antara gambar dan tulisan, namun, desainer grafis lebih sering bekerja dengan tatanan elemen grafis. Misalnya dalam membuat tipografi dengan konsep komunikasi visual.

  • Perangkat

Komputer merupakan salah satu perangkat utama bagi illustrator ataupun desainer grafis. Software yang dipergunakan juga tidak terlalu jauh, misalnya menggunakan adobe photoshop. Namun, keduanya memiliki perangkat pembantu yang berbeda.

Untuk illustrator sendiri, software yang lebih direkomendasikan adalah adobe illustrator. Sedangkan untuk desainer grafis cenderung menggunakan corel draw ataupun photoshop. Bahkan tidak jarang, para desainer grafis ini menggunakan software seperti InDesign untuk penataan layout pada majalah.

  • Pekerjaan

Desainer grafis memiliki pekerjaan yang lebih fokus pada aset atau gambar yang berkaitan dengan bisnis. Misalnya untuk feed media sosial. Sedangkan illustrator lebih ke packaging. Misalnya saja pada bentuk produk baru yang dibuat oleh perusahaan maupun untuk menghiasi majalah.

Persamaan Ilustrator vs Desainer Grafis

Jika membicarakan persamaan, keduanya memiliki beberapa persamaan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Bisa menggunakan media lain selain komputer untuk membuat suatu gambar. Misalnya untuk poster.
  2. Penggunaan drawing pad. Perangkat ini lebih banyak digunakan oleh illustrator namun, terkadang seorang desainer grafis juga menggunakan drawing pad untuk kebutuhan tertentu.
  3. Keduanya sama-sama dibutuhkan di perusahaan terutama di era 4.0 yang membutuhkan banyak grafis.

Itulah perbedaan dari ilustrator dan desainer grafis. Mudahnya, illustrator membuat gambar dari nol dan fokus pada keindahan, tampilan dan maknanya. Sedangkan desainer grafis lebih ke merancang, menata dan memadupadankan elemen grafis yang ada.