Makalah Ilmiah: Ciri-Ciri dan Fungsi Makalah Ilmiah
0 Comments

Makalah ilmiah adalah bagian dari jenis karya ilmiah yang berarti tulisan yang dibuat harus didukung dengan data penelitian atau telaah sumber dan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi keaslian tulisan maupun data. Menulis makalah ilmiah bukanlah hal sulit, namun tidak dapat disepelekan. Oleh karena itu, pemahaman mendetail mengenai makalah ilmiah akan sangat membantu dalam membuatnya dengan baik dan benar.

Informasi Lengkap Mengenai Makalah Ilmiah

  1. Ciri-Ciri Makalah Ilmiah

Setiap karya ilmiah memiliki ciri-ciri masing-masing. Karakteristik atau ciri-ciri inilah yang nantinya akan menjadi tanda pengenal sekaligus tanda pembeda karya ilmiah satu dengan yang lainnya. Makalah ilmiah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Makalah ilmiah merupakan hasil kajiaan atau telaah dari literatur atau laporan pelaksanaan kegiatan lapangan yang disesuaikan dengan cakupan permasalahn atau topik yang diangkat.

  • Makalah ilmiah dibuat untuk mendemostrasikan pemahaman pelaku akademisi mengenai permasalahan dan topik yang dikaji. Makalah ilmiah juga dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan pelaku akademisi dalam menerapkan teori, prinsip dan proseder serta hubungan diantaranya.

  • Makalah ilmiah ditulis dengan tujuan mendemostrasikan kemampuan penulis dalam meramu berbagai sumber informasi menjadi satu-kesatuan yang utuh, saling berhubungan dan harmonis.

  • Makalah ilmiah harus bersifat akurat dan menyeluruh yang berarti makalah yang ditulis harus melibatkan data yang mutakhir yang dapat membantu menyelesaikan dan menjelaskan permasalahan yang diangkat.

  • Makalah ilmiah harus memiliki sumber informasi yang baik dan relevan.

  • Makalah ilmiah harus tertata dengan baik untuk semua elemen yang tercantum baik permasalahan, tujuan, data dan sumber informasi, kata dan bahasa dan lain sebagainya. Komponen ini akan membentuk karya ilmiah yang logis dan saling terkait satu sama lain.

  1. Fungsi Makalah Ilmiah

Agar penulisan makalah ilmiah tidak keluar dari batasan cakupan permasalahn yang diangkat, penulis harus terlebih dahulu memahami fungsi dari makalah ilmiah. Fungsi makalah ilmiah antara lain:

  • Makalah merupakan wadah bagi penulis untuk melatih kemampuan menulis dan menyusun sebuah karya ilmiah sesuai dengan sistematika dan kaidah yang berlaku. Melalui makalah ini, penulis dapat membuat tulisan ilmiah yang berbobot, benar dan menarik minta pembaca.

  • Makalah ilmiah berfungsi sebagai sumber wawasan atau berita dan pengetahuan bagi penulis dan pembaca.

  • Makalah ilmiah membantu penulis menyumbangkan pemikirannya baik untuk konsep teoritis maupun praktis. Pemikiran ini ditulis secara objektif berdasarkan sumber refrensi atau data yang nyata dan asli.

  • Makalah ilmiah adalah tulisan ilmiah sederhana yang memberikan manfaat bagi perkmabngan keilmuan terutama dalam pemecahan suatu permasalahn akan topik yang diangkat.

Makalah ilmiah adalah bentuk sederhana dari karya ilmiah yang dibuat oleh kalangan akademisi. Selain diterbitkan, makalah ilmiah akan menjadi bahas diskusi dalam seminar atau sidang. Bagi kalangan akademisi, karya ilmiah adalah sumber pengetahuan yang tidak dapat dipisahkan dalam dunianya. Hal ini akan mendapatkan nilai lebih jika penulisannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Deskripsi:

Makalah ilmiah adalah satu dari sekian tugas akademisi yang harus menyertakan data dan sumber terpercaya ke dalamnya untuk memecahkan permasalahan.