0 Comments

Kehadiran sebuah website di era yang serba digital sangatlah penting terutama untuk kamu yang ingin memulai sebuah bisnis atau mempromosikan brand Kamu di internet. Website tidak hanya ditampilkan sebagai wajah dari bisnis Kamu di internet melainkan memiliki berbagai macam fungsi lainnya. Oleh karena itu, sebelum membuat sebuah website, Kamu harus mengetahui lebih dulu jenis website seperti apa yang dibutuhkan. Terdapat berbagai jenis website di internet dan dapat dipecah ke dalam beberapa kategori, yaitu berdasarkan sifat dan platform yang digunakan. Ada beberapa macam jenis website. Di sini kami akan menjelaskan mengenai jenis website berdasarkan sifatnya :

Website statis

Secara sederhana, website statis bisa didefinisikan sebagai website yang kontennya konstan dan tidak berubah. Setiap halaman yang dibuat dengan kode HTML digunakan untuk menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang mampu melakukan update pada konten website statis. Umumnya website statis dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS oleh developer yang memahami pemrograman atau coding.

Karena website statis tidak membutuhkan update konten secara berkala, maka tidak dibutuhkan sebuah database untuk penyimpanan data. Biasanya website statis digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan berbagai informasi dasar seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan.

Website dinamis

Berbanding terbalik dengan website statis, website dinamis merupakan jenis website yang kontennya selalu di update sesuai dengan schedule. Pada umumnya website bersifat dinamis karena lebih mudah diatur daripada website statis. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang hanya dapat diakses oleh webmaster atau developer. Namun meskipun begitu, website dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang mampu melakukan update konten website tanpa perlu mengganggu desain web.

Nah, yang berikutnya ini Kami akan membahas jenis website berdasarkan platform yang digunakan :

CMS

Metode pertama adalah cara yang paling populer, yakni menggunakan Content Management System (CMS). CMS merupakan perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten dari website secara digital. Kamu dapat membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Ada beberapa CMS yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website beberapa diantaranya adalah WordPress, Joomla!, Drupal dan CMS lainnya.

Berdasarkan review yang disimpulkan dari ketiga CMS populer tersebut, WordPress adalah yang paling populer serta paling mudah untuk dioperasikan. Selain mudah digunakan, WordPress juga merupakan pemegang market share terbesar CMS dengan angka 59.9 persen.

Website Builder

Jika Kamu ingin membuat website yang lebih gampang, Kamu bisa menggunakan website builder. Website builder adalah platform yang membantu Kamu untuk membuat website dengan cepat, tanpa harus memahami coding atau kemampuan desain sama sekali. Website builder sangat cocok bagi Kamu yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak memiliki waktu untuk mempelajarinya. Beberapa contoh website builder yang cukup populer diantaranya adalah Wix, Site Builder, dan Weebly.

Kelebihan dari website builder adalah pengguna bisa mendapatkan paket lengkap untuk membuat website, dari hosting, domain, hingga pilihan template. Pengguna hanya perlu mengganti konten sesuai yang diinginkan dan bisa dibantu oleh support dari penyedia website builder.