Cara Menulis Artikel yang Berkualitas untuk Pemula
0 Comments

Menulis Artikel yang berkualitas adalah impian bagi setiap penulis. Apalagi di era digital sekarang, artikel menjadi satu hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang karena kemudahan mendapatkan informasi dari bacaan tersebut. Tidak heran, karena kebutuhan yang tinggi ini membuat lahirnya penulis-penulis baru untuk menulis artikel.

Mungkin menulis artikel tidak terdengar seperti suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Namun kenyataannya, penulis yang belum mahir akan menemui berbagai kendala saat memulainya, seperti pengunjung yang sedikit hingga komentar-komentar buruk. Oleh karena itu, dalam menulis artikel kita harus membuat orang menemukan informasi yang akurat.

Hal yang perlu diingat saat menulis artikel adalah strukturnya. Struktur penulisan harus bersifat logis, jelas dan padat. Nah untuk anda yang ingin memulai menulis atau memperbaiki kualitas tulisan anda, kami akan memberikan tips-tips menulis artikel yang berkualitas untuk pemula.

  1. Menentukan Tema terlebih dahulu

Tips pertama untuk memulai menulis yang berkualitas adalah ketahui apa tema yang anda kuasai atau yang ingin dibagikan terlebih dahulu. Ini sangat penting mengingat dengan tema yang aneh dan tidak dikuasai justru akan membuat kesulitan sendiri yang malah akan membuat anda tidak menyelesaikan tulisan tersebut.

Setelah mendapatkan tema, penting untuk anda untuk bertanya kepada diri sendiri “Apakah ini dibutuhkan oleh banyak orang?” Karena jika ingin mendatangkan pengunjung yang banyak, kita perlu untuk melihat dulu yang dibutuhkan oleh orang-orang. Setelah semua terlengkapi, anda dapat lanjutkan ke poin kedua.

  1. Perhatikan Struktur Penulisan

Setelah selesai menentukan tema penulisan, langkah selanjutnya adalah memperhatikakn kaidah-kaidah penulisan yang baik. Anda dapat memulainnya dengan membuat poin-poin pembahasan terlebih dahulu agar tidak mengalami kesulitan ditengah-tengah penulisan. Terlebih lagi dengan telah membuat poin-poin terlebih dahulu akan membuat tulisan lebih rapi.

Selain itu, artikel yang umumnya disukai untuk dibaca adalah yang tidak terlalu panjang. Dengan setiap paragraf tidak mengandung lebih dari 45 kata akan membuat tulisan lebih rapi sehingga lebih mudah dibaca. Jadi, struktur penulisan juga sangat menentukan kualitas artikel itu sendiri.

  1. Mencari Referensi

Referensi itu seperti acuan agar kita dapat mendapatkan informasi yang dapat memperkaya sekaligus menunjang argumen yang anda paparkan dalam penulisan kita. Referensi juga bisa dikatakan sebagai role model jasa penulisan artikel kita agar memperkaya pemilihan kata penulisan yang kita tulis.

Sebagai penulis yang baik, penelitian sangatlah dibutuhkan. Dalam hal ini, referensi juga sekaligus berperan sebagai bagian penelitian. Referensi dapat kita temukan melalui tema yang telah ditentukan sebelumnya melalui mesin pencarian. Kumpulkan saja terlebih dahulu referensi-referensinya agar dapat mengumpulkan lebih banyak informasi.

  1. Baca dan Revisi

Setelah poin-poin diatas telah diterima, segeralah menulis dan buktikan sendiri. Namun, setelah menyelesaikan tulisannya, jangan terburu-buru mengirimkannya atau menyebarkannya. Penting untuk anda agar membaca ulang dan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan agar tidak rancu ataupun berulang-ulang.

Anda juga bisa bertanya kepada orang-orang terdekat seputar penulisan anda atau meminta saran dan opini. Setelah itu, lakukan revisi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan, opini dan saran tersebut. Dan ingat, dalam menulis artikel yang berkualitas, tentunya itu tidak direvisi hanya sekali saja!

Itulah beberapa informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai penulisan. Perlu untuk membiasakan diri untuk menulis dan membaca tulisan penulis lain agar dapat membuat tulisan yang bagus, padat, dan informatif. Semoga tips dari kami tentang cara menulis artikel yang berkualitas untuk pemula bisa bermanfaat.