3 Cara Copy Paste Website yang Tidak Bisa Dicopy
0 Comments

Ada banyak cara bagi para pemilik website untuk melindungi websitenya. Salah satunya adalah dengan memproteksi tulisannya agar tidak bisa sembarangan di-copy paste dan diplagiasi. Sayangnya, sekarang sudah banyak cara copy paste website yang tidak bisa dicopy.

Bagaimana caranya? Caranya bisa menonaktifkan javascript hingga menggunakan dialog print.

Cara Menyalin Tulisan yang Diproteksi

Ada banyak cara untuk menyalin tulisan di website yang sudah diproteksi. Beberapa cara copy paste website yang tidak bisa dicopy, diantaranya:

3 Cara Copy Paste Website yang Tidak Bisa Dicopy
3 Cara Copy Paste Website yang Tidak Bisa Dicopy
  • Menonaktifkan JavaScript

Jika Anda tidak mau repot harus menginstal add on ataupun menggunakan ekstensi, maka Anda bisa menonaktifkan JavaScript. Cara ini hanya menonaktifkan javascript secara sementara saja. jadi, setelah Anda menyalin tulisannya, Anda bisa mengaktifkan lagi javascriptnya.

Namun sebelum itu, Anda harus tahu resikonya. Ketika javascript dinonaktifkan, artinya tampilan website yang Anda buka di browser akan terlihat berantakan. Jadi, untuk mempermudah mencari bagian yang disalin, Anda tentukan dahulu bagian mana saja yang akan disalin.

Cara menonaktifkan javascript sesuai browser, yaitu:

  1. Google chrome : masuk ke settings -> privacy settings -> content settings -> javascript dan pilih “do not….”.
  2. Mozilla firefox seri 31 ke atas : ketikkan about:config di address bar -> pilih “I’ll be carefull..” -> cari javascript.enable -> double klik untuk menonaktifkannya.
  3. Internet explorer: tools -> internet option -> security -> custom level -> pilih scripting di security settings -> disable di active scripting dan allow di paste operations via scripting…. –> yes -> ok.
  • Menggunakan AMP website

AMP atau accelerated mobile page adalah versi halaman website yang lebih ringan. Ini karena di versi AMP, elemen seperti javascript ditiadakan. Karena hal tersebut, copy paste pada tulisan website bisa dilakukan.

Sayangnya, belum semua website mendukung AMP. Jadi, Anda mungkin akan menemukan website yang bisa menggunakan AMP dan yang tidak.

(baca: cara membuat desain website di notepad)

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Carnaya adalah dengan menambahkan ‘amp’ di akhir URL. Misalnya, dari https:/(slash)websiteyangdituju.com(slash)satu(slash) menjadi https:/(slash)websiteyangdituju.com(slash)satu(slash)amp.

  • Dialog Print

Cara menggunakan dialog print termasuk salah satu cara yang mudah tetapi masih banyak yang tidak menggunakannya. Padahal, cara ini bisa Anda lakukan tanpa Anda harus pusing masuk ke pengaturan ataupun menambahkan ekstensi/add-on.

Pada dasarnya, cara dialog print ini memanfaatkan preview dokumen yang akan Anda cetak. Jadi, cara menggunakannya, misalnya di Google Chrome, adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke website yang kontennya akan Anda salin.
  2. Tekan ctrl+P di keyboard Anda.
  3. Di sebelah kanan terdapat preview. Salin text yang ditampilkan di preview tersebut.
  4. Paste text.
  5. Cancel karena Anda hanya ingin melakukan preview atau bisa ok jika Anda ingin mencetak konten di halaman tersebut.

Jadi, bagaimana cara copy paste website yang tidak bisa dicopy? Anda bisa menonaktifkan javascript, menggunakan amp dan menggunakan dialog text.